Bukti Industri Pariwisata Indonesia Kian Perkasa: Tiket.com Tutup Tahun 2024 dengan Fantastis

Suasana di area instalasi pop-up tiket.com di depan Ratu Plaza, Jendral Sudirman, Jakarta, 2024. (Foto: tiket.com)

JAKARTA -- Bepergian sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup. Terlebih semenjak Pemerintah Republik Indonesia (RI) secara resmi menyatakan pandemi telah usai.

Sepanjang tahun 2024, industri pariwisata diwarnai dengan berbagai macam tantangan tetapi juga dimeriahkan dengan jajaran prestasi yang patut dirayakan. Online travel agent (OTA) pertama di Indonesia, tiket.com, senantiasa merujuk pada kondisi pariwisata nasional dan minat terhadap destinasi internasional sebagai barometer kesuksesan dalam mendorong berbagai program wisata bagi sobat tiket (sebutan pengguna aplikasi tiket.com).

Dengan total 27 hari libur nasional dan cuti bersama sepanjang tahun 2024, termasuk dua hari khusus untuk nyoblos pemilu, masyarakat pun bisa dengan leluasa merencanakan liburan dari jauh-jauh hari tanpa rasa khawatir akan perubahan rencana perjalanan karena tiket.com memiliki fasilitas refund & reschedule tanpa biaya ekstra. Ini fitur andalan untuk menenangkan hati para calon turis yang ingin bijak dalam mengatur dana tetapi belum bisa 100 persen lepas dari tanggung jawab pekerjaan dan/atau komitmen sosial lainnya.

Hingga kuartal ketiga (Q3) 2024, tiket.com mencatat pertumbuhan hingga 4 persen dibandingkan tahun sebelumnya untuk pemesanan tiket pesawat pada tujuan kota-kota domestik favorit seperti Jakarta, Surabaya, Bali, Medan, dan Makassar. Lalu Malaysia, Singapura, Thailand, Hongkong, dan Jepang merajai 5 destinasi incaran turis Indonesia ketika memilih tujuan wisata mancanegara.

"Sedangkan, angka pemesanan akomodasi seperti hotel, vila, dan apartemen, juga meroket sebesar 35 persen bila dibandingkan tahun sebelumnya. Ini dikarenakan berbagai promo yang digenjot dengan kreatif oleh tiket.com sejak awal tahun, seperti Online Tiket Week, Tiket Hari Raya, dan program unik seperti SIP!, serta perkenalan ulang fitur tiket Homes sehingga opsi menginap masyarakat pun beragam, terutama bagi keluarga besar yang butuh rumah dengan banyak pintu kamar untuk istirahat," ujar Co-founder & CMO, tiket.com, Gaery Undarsa, dalam keterangan tertulisnya yang diterima pada Senin (30/12/2024).

Kemudian, lanjut Gaery, tiket.com dipercaya untuk menjadi mitra penyedia tiket bagi beberapa acara K-Pop, seperti BABYMONSTER Fanmeeting, AESPA, Enhypen, 2NE1, TAEYANG, Stray Kids, dan masih banyak lagi. Demam K-Pop yang terus memanas pun terasa dengan tiket konser yang selalu sold-out dalam hitungan menit. "Sepanjang tahun 2024, tiket.com jadi platform resmi penjualan tiket beragam artis nasional dan mancanegara," jelas dia.

Selain tiket konser, sambung Gaery, tiket.com juga memberikan solusi bagi wisatawan yang hendak mencari kegiatan saat berwisata, baik di dalam maupun di luar negeri, misalnya tiket ke berbagai museum, paket tur, ataupun tiket masuk ke wahana seperti Dufan, Hong Kong Disneyland, dan Universal Studio Singapore. Aktivitas outdoor juga tersedia di tiket.com yang menjadi pilihan sobat tiket seperti Arung Jeram, ATV, Glamping, dan masih banyak lagi. "Di Q3 2024, pemesanan tiket To Do mengalami peningkatan pemesanan sebesar 9 persen bila dibandingkan tahun sebelumnya," tegas dia.

Selain itu, kata Gaery, tiket.com juga mempertahankan program edukasi wisata nasional yang dicetuskan bersama-sama dengan Kementerian Pariwisata, yaitu Jagoan Pariwisata. Program yang telah memberdayakan lebih dari 205 usaha wisata di 15 desa wisata sejak tahun 2022, telah sukses diselenggarakan sekali lagi di tahun 2024 dengan tema Empowering Local Champions for Sustainable Growth.

"Program ini menjangkau 47 pelaku wisata dari berbagai latar belakang jenis usaha, mulai dari homestay, atraksi, UMKM suvenir, hingga bisnis kuliner," kata Gaery menegaskan. "Para peserta program yang berasal dari Kampung Wisata Mendut di Jawa Tengah dan Kampung Wisata Kadipaten di Yogyakarta ini juga mendapatkan pelatihan dan pendampingan intensif dari 27 karyawan tiket.com sehingga bekal ilmu dapat dimanfaatkan sebagai ilmu berbisnis yang makin berdaya."

Menurut Gaery, pada bulan Oktober 2024, tiket.com secara resmi menjadi OTA perdana penyedia dan penjual tiket kereta cepat Whoosh yang saat ini menghubungkan Stasiun Halim Jakarta dengan Stasiun Tegalluar Summarecon Bandung. Dengan proses pemesanan tiket yang sangat mudah, tiket kereta cepat Whoosh pun langsung menjadi salah satu pilihan transportasi favorit sobat tiket di Q3 2024.

Sepanjang tahun ini, tiket.com juga terus jalin kemitraan strategis dengan beberapa badan organisasi wisata, seperti Singapore Tourism Board, Hong Kong Tourism Board, kemudian Korean Tourism Organization dalam sebuah kerja sama pemasaran dan publikasi silang-fungsi. "Sehingga masyarakat makin mantap dalam menentukan pilihan destinasi liburan mancanegara berikutnya, baik untuk liburan hari raya, atau sekedar menghabiskan akhir pekan panjang," cetus Gaery.

Gaery lantas mengajak masyarakat untuk menyambut tahun 2025 dengan penuh optimisme walaupun banyak ketidakpastian di depan mata, selayaknya makna di balik warna kuning brand tiket.com. “Lingkaran kuning melambangkan matahari, pemberi kehidupan, kebahagiaan, harapan, dan optimisme. Kami di tiket.com sungguh berterima kasih karena diberikan kepercayaan oleh masyarakat Indonesia untuk jadi pemberi solusi selama 13 tahun sehingga berbagai kenangan indah pun bisa tercipta sepanjang tahun."

Gaery menambahkan, tiket.com bersyukur telah dipercaya untuk hadir memberikan solusi perjalanan yang andal, cerdas, dan komplet. "Kami akan terus berbenah dan meningkatkan kapabilitas sehingga inovasi-inovasi baru dapat diperkenalkan demi kemudahan dan kenyamanan masyarakat Indonesia penggemar jalan-jalan! Selamat tahun baru 2025!” kata dia menandaskan.


(rilis/dkd)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.