Kepala BNPT Eddy Hartono: Kolaborasi Tingkatkan Kualitas SDM Mitra Deradikalisasi Terus Dilakukan

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Eddy Hartono, S.I.K., M.H. (Foto: istimewa)

JAKARTA -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Eddy Hartono, S.I.K., M.H., menghadiri Silaturahmi Kebangsaan BNPT bersama Mitra Deradikalisasi se-Solo Raya pada Minggu (6/10/2024).

Dalam silahturahmi ini, Kepala BNPT Komjen Pol Eddy Hartono mengatakan, BNPT akan terus hadir melakukan pendampingan dan terus mengedukasi Mitra Deradikalisasi. Ini dalam upaya meningkatkan kualitas SDM untuk membantu mitra agar lebih siap kembali ke tengah masyarakat dengan dibekali sejumlah keahlian dan kompetensi sesuai dengan minat bakat mereka.

Dalam mewujudkan keberhasilan program tersebut, BNPT menggandeng K/L terkait dengan didukung Densus 88 AT Polri dan pemerintah daerah beserta Forkopimda untuk melakukan pendampingan.

"Kami akan terus melakukan pendampingan, melakukan edukasi, penetrasi, dan harus sabar karena ini adalah proses yang penting, BNPT tetap hadir untuk Mitra Deradikalisasi," ujar Komjen Eddy seperti dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/10/2024).

Jenderal polisi bintang 3 ini melanjutkan, melalui program ini, BNPT akan terus melakukan pendampingan kepada Mitra Deradikalisasi sehingga ke depannya dapat menjalankan kegiatan-kegiatan positif.

"Sehingga para Mitra Derad ini bisa melanjutkan dengan hal-hal yang positif seperti kegiatan kewirausahaan dan juga mengajar baik di sekolah dasar maupun PAUD" jelas Komjen Eddy.

Komjen Eddy menambahkan, pemerintah akan terus berupaya memfasilitasi kebutuhan mitra deradikalisasi agar ke depannya para mitra akan semakin mandiri sehingga jauh dari kemungkinan kembali terpapar paham intoleran radikal terorisme.

"Ke depan mereka lebih mandiri sehingga pemerintah memfasilitasi supaya mereka melakukan usaha-usaha kewirausahaannya itu ke depan lebih berhasil dan mandiri," kata Kepala BNPT Ke-7 ini menandaskan.

Senada dengan Kepala BNPT, Ketua Yayasan Gema Salam, Ustadz Muhammad Jamaluddin mengatakan, silaturahmi ini sesuai dengan program yang dijalankan untuk menyatukan mitra deradikalisasi dengan masyarakat.

"Acara ini luar biasa apa yang disampaikan oleh beliau dari BNPT tadi mengadakan pendampingan dan itu sesuai dengan program kami. Jadi program kami itu untuk menyatukan Mitra Derad dengan seluruh unsur pemerintahan jadi yang tadinya itu mereka dilayani secara langsung sekarang ini kita ingin satukan dengan masyarakat," jelas Ustadz Jamaluddin.

Ustadz Jamaluddin menambahkan bahwa Mitra Deradikalisasi Solo Raya telah berkomunikasi dengan pendamping wilayah. Selain BNPT juga berkomunikasi dengan kodim, polres, maupun stakeholder terkait dan berjalan sesuai dengan yang direncanakan oleh pihak yayasan.

 

(rilis/eye)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.