Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) Peringati Hari Kopi Internasional

 

Peringatan Hari Kopi Internasional atau International Coffee Day (ICD) ditandai dengan sruput minum kopi bersama, Senin (1/10/2024)


TANGERANG -- Peringatan Hari Kopi Internasional atau International Coffee Day (ICD) dilakukan oleh seluruh dunia pada tanggal 1 Oktober setiap tahun. Pada tahun 2024 ini Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) menyelengarakan peringatan Hari Kopi Internasional dengan tema Promosikan Budaya Kopi yang Mempersatukan, yang Mendukung Kesejahteraan Petani dan Menemukan Koneksi Global yang Berkeadilan.

Acara diawali dengan sambutan Ketua Umum Dekopi Dr Rusman Heriawan dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan pengangkatan pengurus Dekopi Propinsi Papua oleh Hindarwati selaku Sekjen Dekopi. Selanjutnya sambutan sekaligus membuka acara peringatan Hari Kopi Internasional oleh Menteri Pertanian yang diwakili oleh Heru Tri Widarto Plt Direktur Jenderal Perkebunan. Dalam sambutannya membuka acara peringatan International Coffee Day (ICD) ke-10, Selasa (01/10/2024), Heru Tri Widarto Plt Direktur Jenderal Perkebunan mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Dewan Kopi Indonesia serta seluruh pihak terkait yang telah berkontribusi aktif mendorong dan memperkuat kopi Indonesia.

"Kegiatan ini tak hanya ceremony saja namun juga sebagai pengingat bagi kita semua, kopi dari hulu ke hilir harus kita perhatikan. Kopi semakin besar peluangnya kedepan, semakin maraknya pertumbuhan usaha Cafe modern maupun warung-warung kopi sederhana, yang menyediakan menu utama kopi. Perhatian terhadap kopi tentu tidak cukup dari pemerintah, namun juga semua harus disinergikan dengan pihak pengusaha swasta, masyarakat, insan perkopian lainnya maupun pihak terkait lainnya," ujar Heru.

"Indonesia itu surganya kopi, semua provinsi di Indonesia memiliki kekhasan cita rasa kopi yang beragam. Untuk itu kita harusnya bisa ciptakan Indonesia sebagai surganya kopi," harap Heru.

Lebih lanjut Heru mengatakan, Indonesia berpeluang untuk meningkatkan volume dan mutu produksi kopi nasionalnya, baik untuk jenis kopi arabika maupun robusta, contohnya seperti greenbean arabika apabila dilakukan pengolahan bisa menghasilkan hingga Rp.2.000.000 per kilo. Jadi sangat menarik membuka usaha di bidang kopi.

Peringatan Hari Kopi Internasional juga diisi acara Sarasehan Nasional Kopi 2024 yang dimoderatori oleh Prof. Dr. Ir Rachmat Pambudy, dengan pembicara antara lain, Suryono pimpinan kopi ALKO Jambi, Dr Bagas Hapsoro diplomasi kopi Kemenlu, Bony Romas Ketua Dekopi NTT, dan Dr Prayudi Syamsuri Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan.

(Darkiman Ruminta)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.