Ahmad Muzani Dilantik Sebagai Ketua MPR RI Periode 2024-2029

Ketua MPR terpilih Periode 2024-2029 Ahmad Muzani (tengah) mengangkat palu sidang yang diterima dari pimpinan sementara MPR Guntur Sasono (kedua dari kiri) dan Larasati Moriska (kedua dari kanan), disaksikan Wakil Ketua MPR terpilih Bambang Wuryanto (kiri) dan Kahar Muzakir (kanan) saat pelantikan pimpinan MPR di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2024). Sidang Paripurna MPR menyetujui Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra menjadi Ketua MPR Periode 2024-2029 menggantikan Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR periode 2019-2024. (ANTARA FOTO/Fauzan/rwa)

JAKARTA -- Majelis Permusyawaratan Rakyat atau MPR RI menggelar pelantikan pimpinan MPR periode 2024-2029 melalui Sidang Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, pada hari ini, Kamis, 3 Oktober 2024.

Berdasarkan hasil Rapat Pimpinan (Rapim) Gabungan Sementara MPR pada Rabu malam, 2 Oktober 2024, anggota MPR RI dari fraksi Partai Gerindra, Ahmad Muzani, telah disepakati sebagai Ketua MPR secara mufakat.

"Dengan demikian, Rapat Paripurna 3 Oktober 2024 pukul 10.00 WIB besok tinggal menetapkan susunan pimpinan MPR yang baru yang dipimpin Ahmad Muzani, didampingi 8 Wakil Ketua MPR RI dari fraksi-fraksi partai kelompok dan kelompok DPD," jelas Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) MPR Ahmad Basarah, dikutip dari Antara.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah juga menyebut Ketua MPR periode 2024-2029 akan dijabat oleh Ahmad Muzani. Dia mengatakan, jabatan Ketua MPR tersebut sudah selayaknya diemban oleh partai Gerindra yang dipimpin oleh presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Yang saya tahu berdasarkan undangan yang diterima PDIP, Pak Muzani sebagai Ketua MPR. Karena bagaimana pun presiden terpilih punya ketua MPR itu wajar-wajar saja," kata Said saat ditemui di kompleks gedung DPR, Selasa, 1 Oktober, 2024.

Pimpinan MPR RI periode 2024-2029 yang terdiri dari sembilan orang resmi dilantik oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin setelah pengucapan sumpah dan janji jabatan dalam Sidang Paripurna Pelantikan Pimpinan MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta.


Berikut susunan pimpinan MPR periode 2024-2029:

Ketua: Ahmad Muzani dari fraksi Gerindra

Wakil Ketua:

- Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul dari fraksi PDIP

- Kahar Muzakir dari fraksi Golkar

- Lestari Moerdijat dari fraksi NasDem

- Rusdi Kirana dari fraksi PKB

- Hidayat Nur Wahid dari fraksi PKS

- Edi Soeparno dari fraksi PAN

- Edi Baskoro Yudhoyono dari fraksi Demokrat

- Abcandra Muhammad Akbar Supratman yang mewakili anggota Dewan Perwakilan Daerah atau DPD RI daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Tengah.

Sidang pelantikan pimpinan MPR berlangsung sejak pukul 10.00 WIB dan digelar secara terbuka serta disaksikan melalui siaran langsung di YouTube MPR RI.  (*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.