Ada Sosok Ibunda Tercinta di Balik Kesuksesan Prof Abdul Mu'ti Menjabat Mendikdasmen RI

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah yang kini menjadi Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah RI Abdul Mu'ti. (Foto: Antara/Mohammad Ayudha)

JAKARTA -- Suasana penuh haru mencuat ketika Mendikdasmen RI Prof Abdul Mu'ti memberikan sambutan pada acara Sertijab Mendikbudristek RI dari menteri demisioner Nadiem Makarim kepada menteri baru Prof Abdul Mu'ti, di Plaza Gedung Utama Kemenristekdikti, Senayan, Senin (21/10/2024). Terasa istimewa karena orang tua Abdul Mu'ti, ibunda tercinta, Kartinah hadir di sana.

"Di kesempatan ini, saya juga terima kasih banyak kepada ibu saya yang sudah hadir dari kampung. Kalau di kampung, saya biasa manggil 'Emak'," ujar Mu'ti saat itu.

Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu pun meminta ibunda untuk berdiri agar para hadirin melihat. Sang ibunda pun berdiri dengan dibantu tongkat.

"Ibu saya pakai tongkat komando seperti jenderal, padahal tongkat komando itu dipakai agar ibu tidak jatuh saat berjalan," kelakar Mu'ti yang disambut tawa para hadirin.

Mendikdasmen RI Prof Abdul Mu'ti bersama ibunda tercinta, Kartinah (kanan). (Foto: gebrak.id)


Bagi Sekretaris Umum (Sekum) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah ini, ibunda tercinta adalah sosok teladan yang sederhana dan penuh cinta pada anak-anaknya.

"Beliaulah yang membuat saya seperti sekarang ini. Beliau adalah teladan bagaimana seorang ibu dengan segala kesederhanaannya tapi dengan cintanya dapat mengantarkan anaknya mencapai posisi yang dicita-citakan," jelas Mu'ti dengan nada terbata-bata dan air mata berlinang.

Mendikdasmen Mu'ti memang dikenal sangat mencintai dan menghormati ibunda. Bahkan kerapkali di tengah kesibukannya yang padat menjalankan roda organisasi dan menghadiri berbagai kegiatan di dalam dan luar negeri, pria usia 56 tahun ini senantiasa menyempatkan menjenguk ibunda di kampung, Desa Getasrabi RT 10 RW 05, Kecamatan Gebog, Kudus, Jawa Tengah.

Seperti diketahui, Presiden RI Prabowo Subianto mendapuk Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti menjadi Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen). Di Kabinet Merah Putih pimpinan Prabowo ini, Kemenristekdikti dipecah menjadi tiga kementerian: Kemendikdasmen; Kemendikti, Sain, dan Teknologi; serta Kementerian Kebudayaan.


(ark)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.