Petenis Indonesia Aldila Sutjiadi Tembus Semifinal Grand Slam US Open 2024

Petenis putri Indonesia, Aldila Sutjiadi, saat tampil di US Open 2024. (Foto: Athletica Company)

NEW YORK -- Petenis putri Indonesia yang tengah berjuang menjadi juara Grand Slam, Aldila Sutjiadi, dan pasangannya Rohan Bopanna (India) lolos ke semifinal US Open 2024 nomor ganda campuran usai menumbangkan pasangan Barbora Krejcikova (Republik Ceko) dan Matthew Ebden (Australia) dengan skor 7(7)-6(4), 2-6, 10-7.

"Pertandingan sangat ketat, tapi saya dan Rohan fokus hingga kami berhasil membalikkan keadaan pada set pertama, set kedua kami memang kehilangan momen sedangkan di set penentuan saya dan Rohan kembali fokus dan solid hingga bisa melangkah ke babak semifinal," kata Aldila dalam keterangan persnya pada Selasa (3/9/2024).

Pertandingan babak perempat final yang berjalan selama 1 jam 33 menit berlangsung ketat. Pada awal set pertama Barbora dan Matthew tampak menguasai pertandingan dengan skor 3-0, namun Aldila dan Rohan yang tampil apik serta padu bisa menyusul dan membalikkan keadaan pada set pertama hingga meraih kemenangan dengan skor 7(7)-6(4).

Adapun Barbora dan Matthew bangkit di set kedua dan mendominasi. Aldila dan Rohan kalah 2-6. Sedangkan set ketiga, super tiebreak Aldila dan Rohan melaju kencang 7-1 tapi kemudian disusul menjadi 8-7. Aldila dan Rohan kembali fokus dan akhirnya menutup pertandingan 10-7.

Sepanjang pertandingan keluarga dan pendukung Aldila yang hadir ikut menonton tampak terus menyemangati. "Indonesia... Indonesia..!" teriak salah satu penonton sambil mengibarkan bendera merah putih.

"Dukungan tersebut menambah semangat dan percaya diri saya," kata Aldila.

Aldila dan Rohan tampil apik dengan berhasil unggul secara keseluruhan dalam stastika pertandingan. Pasangan Indonesia-India ini menang di serve awal (78%), menang tie breaks dan mematahkan serangan-serangan lawan. Hasil ini luar biasa sebab Barbora adalah petenis yang baru saja meraih juara Grand Slam Wimbledon 2024 di nomor single dan Matthew peraih emas Olimpiade Paris 2024.

Pada pertandingan semifinal Aldila dan Rohan masih menanti lawannya yakni pemenang antara Taylor Towsend (Amerika Serikat)/Donald Young (Amerika Serikat) atau Anna Danilina (Kazakhstan)/Harri Heliovara (Finlandia). "Saya sangat siap menghadapi pertandingan semifinal, mohon doa dan dukungannya agar saya bisa melangkah ke babak final US Open 2024," tutup Aldila.

Aldila Sutjiadi adalah petenis putri Indonesia yang telah meraih banyak prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Sejak memulai karier profesionalnya pada tahun 2010, Aldila telah meraih medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau 2012, Jabar 2016, Papua 2020, medali emas Asian Games 2018, dan tiga gelar WTA.

Aldila juga menjadi juara meraih emas di ganda campuran pada SEA Games 2019 Filipina, meraih emas di SEAGames 2021/2022 dalam ganda campuran dan terakhir SEA Games 2023 Kamboja dengan meraih emas di beregu putri, ganda campuran, dan ganda putri.

Aldila lahir di Jakarta pada 2 Mei 1995. Ia mulai belajar tenis sejak usia lima tahun dan memulai karier profesionalnya saat berusia 15 tahun. Pada tahun 2012, Aldila menyapu bersih medali emas di PON Riau 2012 untuk nomor tunggal putri, ganda putri, dan beregu. Prestasi tersebut mengantarkan Aldila ke Piala Fed Asia/Oceania 2013, di mana ia membantu Indonesia untuk promosi ke Grup 1.

Aldila kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas of Kentucky di Amerika Serikat. Ia lulus dengan predikat summa cum laude dengan IPK 3.92. Aldila juga dinobatkan sebagai salah satu remaja paling berprestasi di Amerika Serikat dalam Elite 90 yang diinisiatori oleh The National Collegiate Athletic Associate (NCAA).

 
(damar pratama)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.