KPU Jatim Tetapkan No Urut 3 Pasangan Calon Pilkada 2024, 3 Srikandi Siap Bertarung

KPU Provinsi Jawa Timur juga melakukan pengundian nomor urut untuk pasangan calon gubernur (Cagub) dan calon wakil gubernur (Cawagub) 2024 di Kantor KPU Jatim, Surabaya, pada Senin (23/9/2024). (Foto: Kompas TV)

SURABAYA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyerahkan surat keputusan (SK) penetapan kepada perwakilan tiga pasangan calon (paslon) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur (Jatim) di Kantor KPU Jalan Tenggilis, Surabaya, Minggu (22/9/2024). KPU Provinsi Jawa Timur juga melakukan pengundian nomor urut untuk pasangan calon gubernur (Cagub) dan calon wakil gubernur (Cawagub) 2024 di Kantor KPU Jatim, Surabaya, pada Senin (23/9/2024).

Hasilnya, pasangan cagub-cawagub Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak (Khofifah-Emil) mendapat nomor urut 2 dan pasangan Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta (Risma-Gus Hans) mendapat nomor urut 3. Sedangkan Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim (Luluk-Lukman) mendapat nomor urut 1.

Ketua KPU Jawa Timur, Aang Kunaifi, mengatakan, ketiga pasangan calon tersebut telah melalui proses tahapan pemeriksaan sejak pendaftaran pada 27-29 Agustus 2024 yang dinyatakan memenuhi sarat dan diterima.

"KPU Jawa Timur menyatakan bahwa Pilkada Jawa Timur diikuti tiga pasangan calon. Penetapan ini berdasarkan SK Nomor 46/KPU Jatim," ujar Aang Kunaifi dilansir dari Antara, Senin (23/9/2024).

Sebagai informasi, tiga pasangan calon yang ditetapkan KPU Jawa Timur untuk berkontestasi pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur tersebut adalah Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta, dan Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim. Ketiga calon gubernur itu adalah perempuan atau dikenal sebagai 3 srikandi.

Aang menjelaskan, pemeriksaan syarat pasangan calon tersebut sebagaimana diungkapkan meliputi persyaratan administrasi, kesehatan, hingga pemeriksaan terkait penyalahgunaan narkoba.

Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak didukung 14 partai politik di antaranya Golkar, Gerindra, Demokrat, NasDem PAN, PSI, PPP, dan beberapa partai non-parlemen.

Pasangan calon Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta didukung dua partai, yakni PDI Perjuangan dan Hanura. Sedangkan pasangan calon Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim didukung satu partai, PKB.

 

(ark)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.