Denny JA Bakal Luncurkan Kelas Kreator Cerdas AI di SMK Muhammadiyah Cepu

Pendiri Forum Kreator Era AI (Artificial Intelligence—Kecerdasan Buatan} Denny JA akan meluncurkan secara daring (online) Kelas Kreator Cerdas AI di Laboratorium Komputer SMK Muhammadiyah Cepu, Blora, Jawa Tengah, Senin, 30 September 2024. (Foto: Ist)

JAKARTA -- Pendiri Forum Kreator Era AI (Artificial Intelligence—Kecerdasan Buatan} Denny JA akan meluncurkan secara daring  (online) Kelas Kreator Cerdas AI di Laboratorium Komputer SMK Muhammadiyah Cepu, Blora, Jawa Tengah, Senin, 30 September 2024 pukul 08.00. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Forum Kreator Era AI Jawa Tengah bekerja sama dengan SMK Muhammadiyah yang juga dikenal sebagai SMK Muda Cepu, Forum Kreator Era AI Kabupaten Blora, Satupena Jawa Tengah, dan Satupena Kabupaten Blora.

Koordinator Forum Kreator Era AI (FKEAI) Jawa Tengah Gunoto Saparie mengatakan, Denny JA tidak bisa hadir di acara peluncuran Kelas Kreator Cerdas AI karena ada kegiatan lain sehingga mengirimkan sambutan melalui video. Meskipun Denny tidak hadir, namun panitia pelaksana peluncuran merasa senang atas kesediaan Ketua Umum Satupena Pusat itu mengirimkan video sambutan.

Menurut Gunoto, Kelas Kreator Cerdas AI memiliki tujuan untuk memberi bekal kepada para siswa dan guru agar menguasai keterampilan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam bidang kreatif. Baik dalam lukisan, musik, ataupun tulisan.

FKEAI Jawa Tengah mengucapkan terima kasih kepada SMK Muda Cepu yang merespons secara positif perkembangan teknologi informasi AI dan bersedia berkolaborasi. Kelas Kreator Cerdas AI ini mungkin yang pertama ada di Indonesia.

Menurut Kepala SMK Muda Cepu Zaenal Arifin, S.Ag., MM., program ini akan melibatkan 20 siswa terpilih yang siap dilatih menjadi kreator cerdas AI. SMK Muda Cepu berharap, agar para siswanya tidak hanya menjadi pengguna teknologi, tetapi juga mampu menjadi kreator inovatif sehingga dapat memanfaatkan AI untuk menghasilkan karya-karya kreatif. Entah itu lukisan digital, musik, video, dan buku. Ini adalah langkah awal untuk membentuk generasi yang siap bersaing di masa depan.

“Selain siswa, para guru juga akan mendapatkan pelatihan agar bisa mendukung perkembangan keterampilan para siswa secara maksimal. Kami percaya bahwa peran guru sangat penting dalam mengawal dan membimbing siswa untuk mengembangkan kreativitas mereka. Oleh karena itu, guru-guru juga akan dilibatkan dalam pelatihan ini,” jelas Zaenal.

Koordinator FKEAI Kabupaten Blora Gunawan Trihantoro menyatakan, pendirian Kelas Kreator Cerdas AI ini merupakan langkah strategis untuk mengenalkan potensi besar AI kepada generasi muda. Ia gembira melihat antusiasme yang besar dari siswa-siswi di SMK Muda Cepu.

Melalui program ini, FKEAI akan memberikan pelatihan tentang bagaimana memanfaatkan AI secara kreatif dan bertanggung jawab. Mereka diharapkan dapat menghasilkan karya-karya inovatif yang dapat dipublikasikan secara luas. jelasnya.

Selain itu, Gunawan juga berharap agar para siswa dapat memanfaatkan berbagai platform digital untuk memublikasikan karya mereka. FKEAI akan mendukung generasi muda, milenial maupun Z, untuk memanfaatkan media digital, agar karya-karya mereka bisa dikenal dan diapresiasi oleh masyarakat luas.

“Peluncuran Kelas Kreator Cerdas AI di SMK Muda Cepu ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain di Kabupaten Blora dan sekitarnya untuk mengikuti jejak yang sama. Program ini juga merupakan upaya untuk menyiapkan generasi muda yang cerdas, kreatif, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat,” kata Gunawan menegaskan. 



(gun)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.