Sambangi Kantor DPD PDIP Jakarta, Anies Mengaku Bahas Pilkada DKI 2024

Anies Baswedan menyapa wartawan saat mengunjungi kantor DPD PDIP Jakarta di Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (24/8/2024). (Foto: Antara/Fakhri Hermansyah).

JAKARTA -- Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan bahwa kunjungannya ke Kantor DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DKI Jakarta pada Sabtu (24/8/2024), salah satunya membahas Pilkada DKI Jakarta 2024. namun demikian, Anies menyatakan, baik dirinya maupun DPD PDIP Jakarta masih menunggu keputusan serta langkah ke depan.

"Jadi hal-hal yang menyangkut pilkada tentu kita obrolkan, tapi kita semua menunggu apa yang menjadi keputusan. Jadi tadi sama sekali kita tidak menyinggung soal keputusan, langkah, dan lain-lain karena semuanya di luar kewenangan kita," kata Anies seusai pertemuan di Kantor DPD PDIP Jakarta, Sabtu (24/8/2024), dikutip dari Antara.

Anies mengemukakan, pertemuan dengan DPD PDIP Jakarta bukanlah pertemuan pertama baginya. Pasalnya, selama menjabat sebagai Gubernur DKI, keduanya telah sering berdiskusi bersama.

"Jadi kita diskusi, tadi kita ngobrol dan kita bicara tentang masa depan Jakarta. Juga kita bicara tentang bagaimana agar pemikiran-pemikiran kebangsaan, pemikiran-pemikiran tentang Bung Karno, ke-Indonesiaan, keagamaan, itu bisa jalan seiring dan membuat suasana di Jakarta aman, teduh, damai," jelas Anies.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Ady Widjaja mengamini pernyataan Anies soal pembahasan tentang pilkada Jakarta dalam pertemuan tersebut. Ia menyebutkan pertemuan dilakukan untuk menyamakan persepsi serta visi dan misi, termasuk untuk mengawal konstitusi dan demokrasi yang benar.

"Kita menyamakan, kita punya visi dan misi. Bagaimana kita mengawal persamaan, kita punya pandangan bahwa kita harus mengawal konstitusi yang benar. Kita harus mengawal demokrasi yang benar," ujar pria yang disapa Aming itu.

Saat ditanya awak media apakah PDIP Jakarta sudah memutuskan untuk mengusung Anies, Aming hanya bisa tersenyum lebar sambil berkata "Insya Allah".
   
Anies menyambangi Kantor DPD PDIP didampingi Juru Bicara Sahrin Hamid dan mantan Menteri Perdagangan RI Tom Lembong. Kedatangan Anies pun langsung disambut Wakil Sekretaris Bidang Internal Bambang Mujiono dan seluruh petinggi DPD PDIP Jakarta.

Dikonfirmasi terpisah, Jubir Anies Sahrin Hamid mengatakan pertemuan dengan DPD PDIP membahas sejumlah program-program prorakyat termasuk politik tata ruang hingga kelestarian lingkungan.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan Anies Baswedan masih memiliki peluang untuk diusung pada Pilkada DKI Jakarta 2024, apabila memiliki komitmen terhadap ideologi partai banteng.

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kehormatan Komarudin Watubun juga mengatakan, Anies Baswedan berpeluang diusung di Pilkada Jakarta 2024 apabila menjadi kader PDIP.

Adapun kemungkinan untuk mengusung Anies terbuka usai Mahkamah Konstitusi (MK) mengubah ambang batas (threshold) pilkada yang membuat PDIP bisa mengusung pasangan calon sendiri.


(nnn)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.