Jubir Kemenlu RI Lalu M Iqbal Resmi Daftar Pilgub NTB

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Muhammad Iqbal-Indah Dhamayanti Putri atau Iqbal-Dinda didampingi Ketua DPD Golkar NTB, Mohan Roliskana menyerahkan berkas pendaftaran kepada Ketua KPU NTB Muhammad Khuwailid di Aula Kantor KPU NTB di Jalan Langko Kota Mataram, Kamis (29/8/2024). (Foto: Antara/Nur Imansyah)

 

MATARAM -- Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Muhammad Iqbal-Indah Dhamayanti Putri atau Iqbal-Dinda, resmi menjadi pendaftar ketiga ke KPU Nusa Tenggara Barat, Kamis (29/8/2024). Pasangan yang dikenal dengan sebutan Iqbal-Dinda ini datang dengan mengenakan pakaian khas biru-biru dan ditemani 10 pimpinan partai politik pengusung serta ribuan pendukungnya.

Iqbal mengaku bersyukur bisa sampai dititik pendaftaran setelah melalui proses perjuangan panjang meraih 10 dukungan partai politik dengan total suara 1,6 juta lebih. Dukungan partai itu, di antaranya Golkar, Gerindra, PPP, PAN, PBB, Hanura, Gelora, PSI, Prima, dan Garuda.

"Kami mendoakan agar proses pendaftaran berjalan dengan lancar dan secara administrasi terpenuhi sehingga ditetapkan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur," ujar Iqbal kepada awak media seperti dikutip dari Antara, Kamis (29/8/2024).

Mantan Duta Besar Turki untuk Indonesia ini, mengatakan pasangan Iqbal-Dinda memiliki mimpi besar membawa provinsi itu menjadi lebih baik dari saat ini. Bahkan, Jubir Kemenlu RI ini mengaku sudah berkeliling ke seluruh NTB untuk melihat masalah yang dihadapi masyarakat di daerah tersebut.

"Ternyata masih banyak masalah sosial yang perlu mendapat perhatian dan dibenahi. Mulai masalah sosial, pengangguran sampai yang mengkhawatirkan adalah keberadaan kantong-kantong kemiskinan yang masih banyak di NTB," jelas Iqbal.

Oleh karena itu, salah satu prioritas Iqbal-Dinda bila terpilih adalah membangun ekosistem industri berbasis pertanian, peternakan, dan kelautan untuk bisa mengurangi kantong-kantong kemiskinan dan sosial tersebut. "Karena sebagian besar akar masalah itu adalah kemiskinan dan pengangguran," tegasnya.

Untuk itu, Iqbal berjanji akan membuka ruang kreativitas seluas-luasnya bagi anak muda NTB. Karena di tangan anak muda masa depan provinsi tersebut. Oleh karena itu, industri kreatif dan informasi digital akan menjadi prioritas-nya ke depan.

Iqbal juga menambahkan sebagai daerah pariwisata, ia juga akan membangun konseptualisasi pariwisata NTB yang berkualitas bukan mengejar kuantitas. Satu di antaranya dengan memperbanyak wisata MICE, termasuk membangun konektivitas antara destinasi satu dengan yang lain.

Iqbal merupakan alumnus Pesantren Modern Islam Assalaam, Surakarta, Jawa Tengah. Alumnus HI UMY dan IAIN Yogyakarta serta alumni Doktor Bucharest University, Rumania, ini juga pernah menjabat Penasihat Lembaga Hubungan dan Kerja Sama Internasional (LHKI) PP Muhammadiyah.

Sedangkan, Indah Dhamayanti Putri mengapresiasi dukungan relawan yang hadir baik yang datang dari Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Ia pun berharap apa yang menjadi harapan masyarakat di dua pulau di NTB bisa terpenuhi dan terayomi.

"Mari kita sambut pilkada ini dengan riang gembira dengan memberikan pendidikan politik yang baik masyarakat NTB," kata Ummi Dinda.

Sementara itu, Ketua KPU NTB Muhammaf Khuwailid mengatakan, pasangan Iqbal-Dinda merupakan pendaftar ketiga sebagai calon gubernur dan wakil gubernur, setelah pasangan Zulkieflimansyah-Moh Suhaili FT dan Sitti Rohmi Djalilah-Musyafirin yang datang mendaftar di hari kedua pada Rabu (28/8/2024).

 

(nnn)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.