Akhirnya Indonesia Raih Emas Olimpiade 2024 Lewat Atlet Panjat Tebing Veddriq Leonardo

Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo. (Foto: Antara/KONI/Kemenpora)

JAKARTA -- Atlet Indonesia, Veddriq Leonardo, sukses merebut medali emas pada Olimpiade Paris 2024 setelah menjadi juara cabang panjat tebing nomor speed putra pada Kamis (8/8/2024). Veddriq mengalahkan wakil China, Wu Peng, dalam laga final di Le Bourget Sport Climbing Venue, Paris, Prancis.

Veddriq menjadi pemenang dengan catatan waktu 4,75 detik dan lawannya 4,77 detik. Ini emas pertama kontingen Indonesia di luar cabor bulu tangkis selama sejarah perhelatan Olimpiade diikuti Tim Merah Putih.

Sementara itu, medali perunggu disabet Sam Watson dari Amerika Serikat (AS) setelah dalam perebutan posisi ketiga mengalahkan Reza Alipour dari Iran. Sam Watson mencatatkan waktu 4,74 detik, sementara lawannya 4,88 detik.

Perjuangan Veddriq Kamis ini dimulai pada babak perempat final dengan mengalahkan Bassa Mawem dari Prancis. Pada babak delapan besar tersebut, atlet asal Pontianak ini menorehkan catatan waktu 4,88 detik, sedangkan lawannya hanya 5,26 detik.

Pada semifinal, Veddriq berhadapan dengan Reza Alipour dari Iran. Ia pun mengemas tiket final setelah mencatatkan waktu 4,78 detik, sementara lawannya hanya 4,84 detik.

Pada babak pemungkas, Veddriq harus berhadapan dengan atlet China, Wu Peng. Wu Peng melaju ke final setelah menundukkan Matteo Zurloni dari Italia pada babak perempat final dan menundukkan Sam Watson dari Amerika Serikat pada semifinal.

Indonesia mengirimkan dua atletnya pada cabang panjat tebing nomor speed putra. Namun, Rahmad Adi Mulyono gagal melangkah ke perempat final. Pada nomor speed putri Indonesia juga mengirim dua wakilnya, yakni Rajiah Sallsabillah dan Desak Made Made Rita Kusuma Dewi. Namun, keduanya juga gagal mendapatkan medali.

(nnn)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.