Resmi Diusung PAN, Gerindra, dan Demokrat, Lalu M Iqbal Cocok Pimpin NTB

Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan (dua kanan) didampingi Sekjen PAN Eddy Soeparno (kanan) memberikan surat rekomendasi kepada Lalu Muhammad Iqbal-Indah Putri Damayanti (kiri) untuk maju ke Pilkada NTB, di Jakarta, Senin (15/7/2024) malam. (Foto: Dok PAN)


JAKARTA -- Partai Amanat Nasional (PAN) resmi memberikan dukungan kepada mantan Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal, untuk maju sebagai calon gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Nusa Tenggara Barat (NTB) 2024. Dukungan itu diberikan satu paket dengan Bupati Bima, Indah Putri Damayanti alias Dinda, untuk maju berpasangan dengan Iqbal sebagai calon wakil gubernur.

Rekomendasi tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas di Jakarta, Senin (15/7/2024) malam.

"Kami melalui kajian yang mendalam telah memutuskan Pak Iqbal dan Ibu Dinda sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB," ujar Zulhas seperti dikutip dari Antara, Selasa (16/7/2024).

Zulhas memberikan rekomendasi itu dampingi oleh Ketua DPW PAN NTB Muazzim Akbar, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, hingga Ketua Tim Desk Pilkada DPP PAN Yandri Susanto. Ia mengatakan bahwa PAN memutuskan pasangan tersebut untuk NTB karena sudah mengenal keduanya sejak lama.

Menurut Zulhas, PAN pun sudah menelusuri latar belakang dua sosok tersebut. Sejauh ini, ia menilai Iqbal yang merupakan seorang diplomat adalah figur yang memiliki segudang prestasi. Ia menyebut bahwa pria kelahiran Lombok Tengah itu merupakan salah satu duta besar yang paling sukses saat memimpin.

"Kami meyakini dengan duet Iqbal-Dinda bisa memajukan NTB jauh lebih hebat, lebih maju lagi," ujar Menteri Perdagangan RI tersebut.

Berdasarkan hasil Pileg 2024, PAN memiliki 4 kursi di DPRD NTB. Dengan demikian, pasangan Iqbal-Dinda ini masih membutuhkan 10 kursi partai lagi untuk bisa mendaftarkan diri menuju Pilkada NTB. 

Partai Gerindra juga sudah mengumumkan daftar nama calon kepala daerah di Pilkada 2024 yang mendapat surat keputusan rekomendasi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gerindra, Ahmad Muzani, mengumumkan sejumlah nama itu di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/7/2024). Ia menjelaskan, SK rekomendasi ini disetujui Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Dalam SK itu tertuang nama pasangan di Pilgub NTB 2024, yakni Lalu Muhammad Iqbal dan Indah Dhamayanti Putri. Prabowo, kata Muzani, juga berharap nantinya nama-nama yang sudah ditunjuk bisa turun ke masyarakat untuk memberikan program dan gagasan ke masyarakat.

Sebelumnya, DPP Demokrat secara resmi telah memberikan surat tugas kepada Lalu Muhammad Iqbal sebagai calon gubernur NTB 2024. Surat tugas diserahkan langsung oleh Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, belum lama ini.

Ketua Demokrat NTB Indra Jaya Usman atau akrab disapa Iju angkat bicara terkait alasan partai berlambang bintang mercy ini mendukung sosok manatan Dubes RI untuk Turki itu. Iju menyebutkan, pihaknya mencari calon gubernur NTB yang terintegrasi dengan pemerintahan tingkat pusat.

Menurut Iju, Demokrat tentu ingin terintegrasi dan mengawal pembangunan yang akan dilakukan oleh presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Dan juga Lalu Muhammad Iqbal ini menjadi pilihan karena bagaimanapun pandangan ke depan jangan sampai kemudian pemerintah daerah lebih-lebih gubernur sebagai perpanjangan tangan pemerintah kemudian bertentangan dengan pemerintah pusat," tegas Iju dikutip dari Tribun Lombok, Minggu (23/6/2024).
 

 

(nnn)

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.