Soal Pilkada 2024, Airlangga Hartarto: Ridwan Kamil akan Dengar Pertimbangan Partai Golkar

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ridwan Kamil. (Foto: liputan6.com)

JAKARTA -- Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan Ridwan Kamil akan mendengarkan pertimbangan partai, apakah maju di Pilkada Jawa Barat (Jabar) atau Pilkada Jakarta 2024.

“Jadi tentu Pak Ridwan Kamil akan mendengar pertimbangan yang ada, dukungan dari parpol, dan tentu akan ada kesepakatan antarketua umum,” kata Airlangga, dikutip dari Antara, Selasa (18/6/2024).

Saat ini, Golkar belum memutuskan apakah mantan Gubernur Jawa Barat itu akan maju di provinsi yang pernah dinahkodainya, atau menjajaki Provinsi Jakarta.

Airlangga menegaskan, saat ini status Ridwan Kamil adalah Wakil Ketua Umum Partai Golkar. Menurut dia, Golkar masih perlu melakukan kalkulasi politik sebelum memberikan rekomendasi final untuk pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

"Keputusan bakal diambil akhir Juli 2024. Sesuai dengan apa yang jadi kesepakatan, kami akan terus evaluasi sampai dengan bulan Juli, tentu siapa yang akan maju dan sebagainya, kami tunggu survei juga,” kata Airlangga menegaskan.

Sebelumnya, pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin menyatakan, kecil peluang kemenangan Ridwan Kamil di pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Jakarta.

Menurut Ujang, hal yang paling rasional jika Ridwan Kamil maju di Pilkada Jawa Barat (Jabar). Alasannya, RK sudah memiliki investasi politik sebagai mantan Gubernur Jawa Barat.


(nnn)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.