Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Gen Z Kelompok Penting Promosi Wisata Gaet Wisatawan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: setkab.go.id)

  
JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Generasi Z atau Gen Z memiliki peran penting dalam mempromosikan destinasi wisata sehingga bisa menggaet wisatawan nusantara hingga mancanegara.

Sandiaga mengatakan, Gen Z merupakan generasi yang memiliki peran penting dalam mempromosikan pariwisata karena sebagian besar suka melakukan perjalanan tempat-tempat menarik atau healing bahkan bisa dua bulan sekali.

"Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) penting, tapi healing super penting buat mereka (Gen Z). Gen Z ini, mereka itu healingnya bukan lagi setahun dua kali, tapi kalau bisa dua bulan sekali," kata Sandiaga di sela peluncuran Wonderspace, sebuah ruang imersif yang menggunakan teknologi video mapping di Jakarta, Sabtu (1/6/2024), seperti dikutip dari Antara, Minggu (2/6/2024).

Menurut Sandiaga, Gen Z akan rutin melakukan healing dan dipastikan bakal mengunggah (posting) ke berbagai media sosial (medsos) dari setiap destinasi yang telah dikunjungi. Hal itu, tentu akan menarik wisatawan jika melihat unggahan tersebut.

"Jadi ini juga makanya kami mengajak mereka untuk menjadi bagian dari pada peningkatan ekonomi pariwisata," jelas Sandiaga.

Sandiaga berharap dengan adanya peran berbagai sektor termasuk Gen Z, bisa memacu dalam mencapai target Kemenparekraf yang menargetkan kunjungan wisatawan domestik atau nusantara pada 2024 mencapai 1,2 miliar hingga 1,5 miliar orang, sedangkan untuk wisatawan mancanegara ditargetkan sebanyak 17 juta kunjungan.

Kemparekraf/Baparekraf menghadirkan wonderspace imersif atau ruang menjelajah lima destinasi super prioritas di Indonesia yang dapat dinikmati pengunjung melalui teknologi video mapping di Stasiun MRT Bundaran HI Jakarta.

Sandiaga mengatakan, wonderspace imersif yang dihadirkan di Stasiun MRT Bundaran HI Jakarta untuk menggaet para pengunjung melihat dan menikmati ataupun berswafoto dari keindahan lima destinasi super prioritas di Indonesia dari layar yang lebar.

“Ini targetnya Gen Z ya. Dan Gen Z ini memang yang ia ingin mendapatkan pengalaman imersif yang menggabungkan antara animasi, riil visualisasi dan musik. Musiknya ini healing banget, musik yang bisa membawa memori kita ini ke tempat-tempat yang indah," cetus Sandiaga.

Lima destinasi wisata superprioritas yang dihadirkan, yakni Candi Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, Danau Toba, dan Likupang. Pengunjung dapat menikmati sensasi berwisata ke destinasi tersebut secara digital.

Wonderspace imersif di Stasiun MRT Bundaran HI dihadirkan selama sebulan mulai tanggal 1-30 Juni 2024. Para pengunjung bisa menjelajahi sejumlah destinasi wisata secara digital dan berswafoto dengan waktu yang ditentukan mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

"Musiknya ini healing banget, musik yang bisa membawa memori kita ini ke tempat-tempat yang indah. Jadi, sudah terbukti di beberapa aktivasi imersif ini sangat populer di kalangan Gen Z," kata Sandiaga menandaskan.

 

(nnn)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.