Terkait Manuver Jokowi dan Keluarga, Sekjen PDIP Hasto: Biar Rakyat yang Menilai

Sekretaris Jendral (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto. (foto: istimewa/antara)

JAKARTA -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyinggung soal kesetiaan saat disinggung soal potensi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang juga putra Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Hasto mengatakan salah satu poin penting dalam meningkatkan kualitas demokrasi adalah kesetiaan pada aturan yang ada. Ia juga menyebut soal gugatan batas usia capres-cawapres yang akan diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi (MK), Senin (16/10/2023) besok.

"Tidak usah menanggapi terhadap berbagai manuver elite. Apa yang akan dilakukan dengan keluarga Bu Iriana dan Pak Jokowi, termasuk Mas Gibran dan Mas Kaesang, tidak usah ditanggapi. Kita semua soft-soft saja. Tampilkan politik berkeadaban. Biarkan rakyat yang menilai," ujar Hasto dalam keterangan tertulisnya kepada Gebrak.id, Minggu (15/10/2023).

Menurut Hasto, sekiranya ada yang bertanya cukup dijawab, rakyat dan PDIP sudah memberikan yang terbaik kepada keluarga tersebut. "Saat ini biar rakyat yang menilai. Partai tetap bergerak dengan penuh keyakinan memenangkan PDI Perjuangan dan Pak Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024," jelas dia.

Seluruh simpatisan, anggota, dan kader PDIP di tiga pilar partai, lanjut Hasto, terus bergerak turun ke bawah memperkuat akar rumput. "Kita adalah partai pelopor dan sekaligus partai pejuang yang tidak pernah gentar menghadapi kepungan kekuasaan, sebab persatuan dengan rakyat adalah kekuatan yang mahadahsyat. Gerak turun ke bawah dengan energi yang menyala-nyala inilah yang terpenting," kata dia menegaskan.

Hasto meminta para kader PDIP mencermati dialektika politik, aksi, dan reaksi. "Terus lakukan penggalangan tokoh. Sebab politik itu tidak boleh meninggalkan etika dan tatanan kebenaran serta kepatutan. Percayalah bahwa kekuatan kebenaran akan menang."

Sekjen PDIP ini juga berpesan kepada para kader agar menyampaikan kepada rakyat tentang komitmen partai dan Ganjar Pranowo di dalam menyelesaikan masalah rakyat. "Bagaimana mewujudkan Trisakti Bung Karno; bagaimana keberpihakan kita terhadap rakyat: petani, guru, dosen, nelayan, buruh, perempuan, perawat, bidan, pemuda, dll. Sampaikan juga desain masa depan, program-program yang akan dijalankan," cetusnya.

Hasto lantas meminta semua eleman di PDIP tetap menjaga soliditas partai. Soliditas yang bergerak secara dinamis. "Perkuat kehadiran partai di sosial media, media masa, dan juga di akar rumput. Selalu menampilkan wajah partai yang giat bekerja untuk rakyat dengan door to doors, santun, ramah, dan menampilkan harapan bagi masa depan," ujar dia menegaskan.

 

(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.