Media Asing Ramai-Ramai Soroti Politik Dinasti Keluarga Jokowi dengan Ulasan Menohok

Media asing ramai-ramai soroti politik dinasti Jokowi. (foto: kolase/istimewa)


JAKARTA -- Isu politik dinasti keluarga Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), tak hanya menimbulkan kehebohan di dalam negeri. Situasi ini ternyata juga jadi sorotan sejumlah media asing, yang memberitakan fenomena politik dinasti Jokowi tersebut.


Isu politik dinasti keluarga Jokowi kencang berembus usai putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, resmi diumumkan sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto di Pilpres 2024.


Bahkan, jalan Gibran menuju bursa Pilpres 2024 pun penuh dengan kontroversi. Menyusul Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan sebagian gugatan uji materi batas usia capres-cawapres. Di mana syaratnya kini menjadi maksimal 40 tahun atau pernah berpengalaman menjadi kepala daerah.


Dengan aturan yang baru itu, Gibran Rakabuming Raka yang masih berusia di bawah 40 tahun, namun kini menjabat sebagai Wali Kota Solo, otomatis bisa memenuhi syarat menjadi cawapres.


Selain Gibran, Presiden Jokowi juga jadi sorotan terkait adanya dugaan pelanggengan kekuasaan. Di mana presiden dua periode itu akan berakhir masa jabatannya pada 2024.


Berikut beberapa media asing yang menyoroti isu politik dinasti keluarga Jokowi, dilansir dari pojoksatu.id dan CNN Indonesia, Rabu (25/10/2023).


- TIME


TIME mengunggah artikel yang berjudul 'Calon Presiden Indonesia Menunjuk Putra Presiden Saat Ini sebagai Pasangannya'.


Artikel yang diunggah pada Senin (23/10/2023) itu membahas peluang Jokowi dalam memainkan pengaruhnya setelah dua periode kepemimpinannya berakhir tahun depan.


"Namun, Gibran sebagai wakil presiden bisa memberikan kesempatan kepada Jokowi untuk memainkan peran penting dalam mengarahkan negeri dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara setelah periode keduanya berakhir pada Oktober 2024,” demikian ditulis TIME.


Selain itu, media yang berbasis di New York itu juga menulis berita senada dengan judul 'Putra Joko Widodo Dipilih sebagai Cawapres untuk Calon Presiden Prabowo'.


Hal itu lantas memunculkan kritik atas dugaan dinasti politik yang dibangun oleh Jokowi. TIME juga membuat subjudul tentang dinasti politik.


- Channel News Asia


Media yang berbasis di Singapura, Channel News Asia, juga melaporkan serupa. CNA  merilis tulisan analisis dengan mewawancarai sejumlah pakar politik di Indonesia.


Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Wawan Mas'udi mengatakan pengusungan ini merupakan pertaruhan bagi Gibran. "Jika menang, karir politik dia jelas akan melaju lebih cepat. Jika kalah, itu bukan akhir, tapi [dia] akan menghadapi banyak kendala karena citra negatif politik berbasis keluarga," kata Wawan kepada CNA.


- South China Morning Post (SCMP) 


SCMP yang berbasis di Hong Kong melaporkan pengusungan Gibran sebagai wakil Prabowo bisa menjadi pedang bermata ganda.


- Nikkei Asia


Media yang berbasis di Tokyo ini mengulas terkait keputusan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka yang menerima tawaran Prabowo Subianto untuk menjadi cawapres. Di mana Prabowo adalah mantan rival sang ayah di dua pilpres sebelumnya.


'Putra Jokowi akan maju sebagai calon wakil presiden Indonesia mendampingi saingan lama sang ayah,' demikian judul artikel yang dimuat tersebut.


Artikel itu memprediksi bahwa munculnya Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres Prabowo akan menjadi drama di Pilpres 2024. Hal itu lantaran Jokowi yang merupakan kader PDIP, di mana partai tersebut mengusung bakal capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD, yang juga pesaing Prabowo-Gibran.


- The Straits Times


The Straits Times juga ikut mengulas tentang Prabowo Subianto yang meminang anak presiden, yakni Gibran sebagai cawapres.


Media asal Malaysia itu menulis artikel berjudul 'Menteri Pertahanan Prabowo akan Mencalonkan Diri sebagai Presiden Indonesia dengan Putra Jokowi, Gibran, sebagai Wakil Presiden'.


Media ini juga menyoroti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memuluskan langkah Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres.


Media milik Singapore Press Holdings Limited juga mengungkapkan bahwa MK yang menurunkan syarat capres-cawapres dipimpin oleh Anwar Usman, yang tak lain adalah adik ipar Jokowi.



- Al Jazeera


Isu politik dinasti keluarga Jokowi juga diulas oleh media Timur Tengah Al Jazeera. Al Jazeera menulis artikel berjudul 'Prabowo memilih putra Jokowi sebagai calon wakil presiden'.


Media yang berbasis di Doha, Qatar ini menyebut bahwa keputusan Prabowo Subianto meminang Gibran Rakabuming Raka adalah langkah untuk mendapat suara dari pendukung Jokowi.


(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.