Prabowo Subianto Sebut Koalisi Pendukungnya di Pilpres 2024 Sebagai Poros Tengah

Capres 2024 Prabowo Subianto. (foto: setkab.go.id)

JAKARTA -- Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto menyatakan, koalisi partai politik (parpol) pendukungnya merupakan poros tengah dalam pertarungan Pilpres 2024. Dengan anggapan tersebut, tentu koalisi pendukung Capres PDIP Ganjar Pranowo dan koalisi pengusung Anies Baswedan merupakan poros kiri dan kanan, atau sebaliknya.

Prabowo awalnya menyebut bahwa lima parpol pendukungnya yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan mendapatkan dukungan dari rakyat. KIM terdiri atas Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Gelora.

Menurut Prabowo, kelima parpol tersebut punya ceruk suara yang berbeda satu sama lain. Ada partai nasionalis, ada partai yang konstituennya kalangan profesional, dan ada partai religius.

"Intinya, kita adalah poros tengah-lah," kata Prabowo saat konferensi pers usai rapat bersama ketua umum parpol pendukungnya di Kantor DPP Partai Golkar di Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (14/9/2023) malam, seperti dikutip dari Antara, Jumat (15/9/2023).

Prabowo menambahkan, koalisi pendukungnya menginginkan terwujudnya persatuan nasional. Karena itu, KIM menganggap koalisi partai pendukung capres lain sebagai saudara. "Kami akan santun, kami akan bersaing dengan baik," kata ketua umum Partai Gerindra itu.

Prabowo juga menyampaikan bahwa KIM merupakan tim Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Sebab, rencana kebijakan Prabowo apabila berhasil menjadi presiden adalah melanjutkan fondasi pembangunan ekonomi yang sudah dibuat Pemerintahan Presiden Jokowi.

Di sisi lain Prabowo menyebut, pimpinan KIM masih menimbang-nimbang siapa sosok yang cocok menjadi calon wakil presiden (cawapres)-nya. "Mengenai wakil presiden, kami juga sudah sepakat. Kami akan terus menggodok sesuai dengan tradisi adat, yakni musyawarah mufakat. Kami akan diskusi," jelasnya.

 

(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.