Wilayah Laut Jawa dan Sekitarnya Diguncang Gempa Magnitudo 7,4

Gempa/ilustrasi. (foto: pixabay)

JAKARTA -- Wilayah Laut Jawa sekitar utara Lombok diguncang gempa tektonik bermagnitudo 7,4 pada Selasa (29/8/2023). Menurut laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi sekitar pukul 02.55.32 WIB.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M7,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,94° LS ; 116,57° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 163 Km arah timur laut Lombok Utara, NTB, pada kedalaman 525 km," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (29/8/2023).

Menurut Daryono, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dalam (deep focus) akibat adanya aktivitas tarikan extensional Lempeng Australia ke bawah (slab pull) pengaruh gaya gravitasi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan kombinasi pergerakan mendatar turun (oblique normal). "Hingga pukul 03.22 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya dua aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan Magnitudo M6,1 dam M6,5," jelas Daryono.

Gempa bumi dirasakan di sejumlah daerah seperti Kuta, Gianyar, Denpasar, Waingapu, Lombok, Sumbawa, Karangkates. Gempa juga dirasakan di Banjarmasin, Kuta Selatan, Tabanan, dan Trenggalek.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Daryono.

BMKG juga melaporkan gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Tanah Bumbu, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (29/8/2023). "Pusat gempa berada di laut 180 kilometer tenggara Tanah Bumbu," kata Plh Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Iman Fatchurochman dalam keterangannya di Jakarta, dikutip Antara.

Gempa yang terjadi pukul 02.55 WIB terletak di kedalaman 10 kilometer pada koordinat 4,38 LS-116,90 BT. Iman mengatakan, gempa dirasakan di Tanah Bumbu dengan skala intensitas MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

BMKG melaporkan getaran dirasakan hingga Kuta, Gianyar, Denpasar, Waingapu, Lombok, Karangkates, Kuta Selatan, Tabanan, Trenggalek, Bantul, dan Blitar.

Gempa bumi adalah bencana yang sering terjadi di Indonesia, sebab sebagian besar berada di daerah rawan bencana berada di kawasan Cincin Api Pasifik. Jalur rangkaian gunung berapi aktif di sepanjang Samudera Pasifik menyebabkan wilayah yang berada di jalur tersebut sering mengalami gempa bumi. 


(dpy)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.