Saiful Mujani: Jokowi Belum Pernah Secara Langsung Nyatakan Dukung Ganjar Sebagai Capres 2024

Direktur Eksekutif SMRC Saiful Mujani. (foto: wikipedia)


JAKARTA -- Dukungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terus diklaim pendukung Prabowo Subianto maupun pendukung Ganjar Pranowo. Tapi, pengamat politik, Saiful Mujani merasa, ada sinyal-sinyal yang sudah diberikan Presiden Jokowi.

Saiful mengatakan, di daerah-daerah sudah banyak baliho-baliho yang memasang gambar Prabowo bersama Jokowi. Hal itu dilakukan atas kesadaran dan mengidentikkan diri dengan Jokowi bernilai positif untuk Prabowo.

Apalagi, melihat jawaban Jokowi ketika sempat ditanyakan soal atribut-atribut yang memasang gambarnya bersama Prabowo. Jokowi merasa, gambarnya memang sudah banyak digunakan orang sehingga tidak apa-apa.

"Tapi, sejauh ini saya belum melihat Ganjar berdampingan dengan Pak Jokowi," kata Saiful, Kamis (3/8/2023), dikutip dari Republika.

Dalam beberapa kesempatan, Saiful menerangkan, Jokowi memang terus menyatakan kalau Ganjar harus menang, bahkan memberi semangat ke Ganjar. Tapi, ia merasa, pernyataan-pernyataan seperti itu cukup normatif.

"Tentu saja harus menang itu normatif, tapi kalimat mendukung Ganjar tidak muncul, misalnya kata-kata 'Ganjar capres yang saya dukung' tidak ada," ujar Saiful.

Direktur Eksekutif SMRC itu berpendapat, mungkin saja Jokowi menghitung posisinya sebagai presiden yang harus berdiri di atas semua. Tapi, itu membuat pemilih, termasuk pendukung Jokowi, sulit menebak. "Termasuk, orang yang merasa positif terhadap kinerja Pak Jokowi yang semuanya belum bersepakat siapa didukung Jokowi," kata Saiful.

Terkait pentingnya dukungan Jokowi, Saiful menerangkan, itu karena Jokowi yang begitu positif di mata pemilih. Ia menyebut tingkat kepuasan kinerja Jokowi yang sangat tinggi, sebagaimana dilihat dari berbagai survei.

Hal ini dirasa menjadi faktor yang membuat dukungan Jokowi menjadi penting. Jadi, ketika Jokowi memihak kepada satu calon tertentu, maka orang yang positif kepada Jokowi cenderung mendukung calon yang didukung Jokowi.

 

(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.