Relawan Jokowi Bakal Gelar Demonstrasi Tuntut Penangkapan Rocky Gerung

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). (foto: setkab.go.id)

JAKARTA -- Ketua Barikade 98 Benny Rhamdani mengatakan, relawan Jokowi akan menggelar aksi unjuk rasa menuntut penangkapan Rocky Gerung setelah menghina Jokowi. Aksi unjuk rasa tersebut akan digelar pada 10 Agustus 2023 di Jakarta dan diikuti oleh sekitar 10 ribu pendukung Jokowi.

"Per hari ini gerakan nasional masing-masing relawan telah membawa laporan ke Polda masing-masing. Kami persiapan konsolidasi untuk aksi besar di daerah-daerah dan juga di Jakarta pada tanggal 10. Jadi karena tanggal 10, ya 10 ribu lah di Jakarta kami akan turun," kata Benny di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (2/8/2023) dikutip dari Antara.

Menurut Benny, aksi besar ini penting dilakukan untuk memberikan pelajaran dan efek jera kepada Rocky Gerung. Ia pun menegaskan tidak akan rela jika hinaan tersebut juga ditujukan kepada Anies Baswedan, Prabowo Subianto, ataupun Ganjar Pranowo apabila nantinya terpilih menjadi presiden.

"Kita berandai-andai deh pemilu 2024, ada tiga pasangan capres, kalau Pak Anies Baswedan terpilih menjadi presiden, rela gak Pak Anies dikatakan sebagai bajingan tolol? Kami pendukung Jokowi. Kami juga gak akan pernah rela Anies Baswedan dikatakan sebagai bajingan tolol ketika dia dipilih sebagai presiden. Katakan Prabowo yang terpilih, kami juga gak akan rela," jelas Benny.

Benny menegaskan, Presiden RI merupakan simbol negara yang seharusnya tidak dihina. Aksi unjuk rasa yang akan dilakukan oleh para relawan itu untuk menjaga muruah Presiden. "Ini marwah seorang Presiden yang harus kita jaga, tapi juga untuk kepentingan semua," kata dia.

Menurut Benny, ucapan Rocky Gerung tersebut menimbulkan kegaduhan. Karena itu, proses hukum terhadap pengamat politik itu dinilai perlu dilakukan. Rocky Gerung pun dinilai tidak bisa membedakan kritik dan caci maki serta hujatan.

"Gak boleh, ini menabrak demokrasi. Menabrak kultur adab kita sebagai orang timur. Dan tentu untuk kali ini Rocky Gerung kena batunya deh. Dan saya yakin dia akan diproses hukum," ujar Benny menegaskan.

Benny mengaku belum melaporkan kepada Jokowi terkait sikap yang akan diambil oleh para relawan. Ia juga menyebut bahwa Presiden RI tidak pernah memberi perintah soal ini. Bahkan, menurut dia, selama ini Jokowi juga tidak pernah memberikan reaksi jika mendapatkan hinaan dan hujatan.

(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.