Megawati Prihatin Soal Pemberantasan Korupsi, KPK Bereaksi

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata. (foto: rmol.id/net)

JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeklaim upaya pemberantasan korupsi tidak hanya dilakukan lembaganya. KPK menyampaikan hal itu merespons pernyataan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang menyoroti kinerja lembaga antikorupsi.

"Sekali lagi, tentu saya kira tidak bisa hanya mengandalkan KPK. Sangat tidak mungkin upaya pemberantasan korupsi hanya diserahkan kepada KPK," kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, kepada awak media, Rabu (23/8/2023), dikutip dari Antara, Kamis (24/8/2023).

Alexander menilai pernyataan Megawati Soekarnoputri soal pembubaran lembaga antirasuah tersebut adalah bentuk keprihatinan terhadap situasi saat ini. "Terkait pembubaran KPK, sebenarnya kan pernyataan Bu Mega sudah diklarifikasi oleh Pak Sekjen (PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto). Barangkali Bu Mega itu prihatin sudah 20 tahun KPK berdiri kenapa korupsi masih terjadi. Bahkan, kalau dilihat dari indeks persepsi korupsi, malah turun," kata Alex.

Alex juga menyuarakan keprihatinan soal masih terjadinya praktik korupsi oleh penyelenggara negara. Ia pun mengingatkan bahwa tugas memberantas korupsi tidak mungkin bisa terlaksana oleh KPK apabila tidak didukung oleh masyarakat.

Menurut Alex, KPK tidak bisa bekerja sendiri. Oleh karena itu, ia berharap agar semua pihak, seperti Kejaksaan Agung dan Polri ikut berperan dalam memberantas korupsi di Indonesia.

"Jangan hanya berharap kepada KPK. Tentu KPK menjadi leading sector dalam pemberantasan korupsi dan tidak hentinya kami mengajak aparat penegak hukum yang lain, kejaksaan kepolisian bersama-sama," jelas Alex.

Adapun Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto, menjawab soal isu Ketua Umum PDIP Megawati pernah mengusulkan untuk membubarkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Menurut dia, kabar tersebut tidak benar.

Namun Hasto menyatakan, korupsi dinilai masih menjadi pokok persoalan sampai saat ini sehingga Megawati menegaskan KPK baiknya tidak hanya sekadar komisi. "Ibu Mega menegaskan kalau gitu jangan dong hanya sekadar komisi yang setiap saat karena komisi ini sifatnya bukan permanen, maka harus ada suatu upaya yang lebih sungguh-sungguh dan ini juga menjadi komitmen dari seluruh pemimpin nasional hingga ke seluruh anak bangsa di dalam mencegah korupsi," jelasnya.

 

(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.