Wapres RI tak Masalahkan 44 Kepala Daerah yang Mundur demi Maju Jadi Caleg Pemilu 2024

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin. (foto: setkab.go.id)

JAKARTA -- Wakil Presiden (Waapres) RI KH Ma'ruf Amin tidak mempermasalahkan ada puluhan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan mengundurkan diri dari jabatannya demi menjadi bakal calon anggota legislatif (caleg) Pemilu 2024. Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, ada 44 pimpinan daerah mulai tingkat gubernur, bupati, dan wakil wali kota hendak mundur untuk menjadi bacaleg.

"Saya kira yang pertama tentu kita berpikir aturannya itu boleh apa tidak? Saya kira sepanjang itu tidak ada larangan, itu kan tidak ada masalah," ujar Ma'ruf Amin dalam keterangan persnya, Jumat (7/7/2023).

Ma'ruf juga merespons banyaknya kritikan publik yang menilai kursi kepala daerah hanya menjadi batu loncatan. Menurutnya, sah-sah saja penilaian tersebut. Namun demikian, terdapat aturan yang membolehkannnya. "Bahwa ada kemudian kecurigaan itu boleh saja tapi yang penting tidak melanggar aturannya," jelasnya.

Saat ini, kata Ma'ruf, pemerintah pun telah mengantisipasi kekosongan pimpinan jika para kepala daerah ini resmi mengundurkan diri. Salah satunya dengan menyiapkan pimpinan sementara untuk mengisi kekosongan kepala daerah. "Kemungkinan nanti terjadi kekosongan, pemerintah sudah harus menyiapkan lebih awal untuk pejabat-pejabatnya supaya pelayanan masyarakat tidak terganggu. Itu saya kira akan diantisipasi."

Sebanyak 44 kepala daerah dan wakil kepala daerah mengundurkan diri demi menjadi bakal calon anggota legislatif (caleg) Pemilu 2024. Mereka terdiri dari gubernur, bupati, dan wakil wali kota.

 

(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.