Sutradara Wanita Greta Gerwig Pecahkan Rekor Lewat Film Barbie

Sutradara Barbie, Greta Gerwig. (foto: john phillips/getty images for warner bros/hollywood reporter).

JAKARTA -- Sutradara Greta Gerwig telah memecahkan rekor akhir pekan pembukaan film untuk sutradara wanita. Film terbarunya, Barbie, dibuka dengan perkiraan pendapatan 155 juta dolar AS atau Rp 2,3 triliun di box office Amerika Serikat dan Utara selama akhir pekan, yaitu pada 21-23 Juli 2023.

Angka tersebut melampui pembukaan domestik Film Wonder Woman oleh Patty Jenkins 103,3 juta dolar AS. Pada tahun 2019, Captain Marvel juga memecahkan rekor debutnya dengan 153 juta dolar AS. Film itu disutradarai bersama oleh Anna Boden dan Ryan Fleck.

Hingga saat ini, Barbie mencetak pembukaan film teratas, melampui pesaingannya, Oppenheimer karya Christopher Nolan. Oppenheimer masih melakukannya dengan baik untuk film bergenre drama dan sejarah yang berdurasi tiga jam dengan pembukaan pendapatan 80,5 juta dolar AS.

Permulaan perilisan Barbie yang menakjubkan adalah bukti visi Gerwig untuk menghadirkan boneka fesyen paling terkenal di dunia ke layar lebar dan kampanye pemasaran yang diatur oleh Warner Bros, serta pembuat mainan Mattel.

Film Barbie yang dibintangi Margot Robbie sebagai Barbie dan Ryan Gosling sebagai Ken, telah berubah menjadi acara film tahun 2023 sejauh ini. Menurut survei, hampir 70 persen penonton adalah wanita dari segala usia.

Dikutip Hollywood Reporter, Senin (24/7/2023), karya Gerwig sebelumnya juga menuai kesuksesan. Lady Bird (2017) menandai debut penyutradaraan fitur solonya mendapatkan lima nominasi Oscar, termasuk sutradara terbaik dan fitur terbaik. Lady Bird meraup 80 juta dolar AS di box office global, angka besar untuk film indie.

Pada tahun 2019, Gerwig menggarap adaptasi Little Women 2019 dari Sony yang dibuka menjadi 16,8 juta dolar AS di dalam negeri selama liburan Natal dan menghasilkan 218,8 juta dolar AS secara global. Little Woman juga membuat Gerwig mendapatkan nominasi Oscar untuk skenario adaptasi terbaik.

 

(dkd)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.