Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Pranowo Terus Naik, Prabowo Kian Melemah

Capres terpopuler 2024, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan (tengah), dan Prabowo Subianto (kanan). (foto: foto: afp, pemprov jateng, pemprov dki jakarta)

JAKARTA -- Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terkait calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Berdasarkan hasil survei SMRC, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) terus mengalami kenaikan dalam kurun waktu satu setengah tahun terakhir ini.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengatakan, elektabilitas Ganjar pada Oktober 2022 masih kokoh di peringkat pertama mengalahkan kandidat lain.

"Dalam satu setengah tahun terakhir, dukungan pada Ganjar mengalami kenaikan dari 25,5 persen pada Mei 2021 menjadi 32,1 persen pada Oktober 2022," kata Deni dalam konferensi persnya, Minggu (23/10/2022).

Deni menambahkan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengikuti Ganjar di peringkat kedua dengan elektabilitas 27,5 persen. Lalu, capres dari Partai NasDem Anies Baswedan berada di peringkat ketiga dengan 26 persen. Masih ada 14,4 persen yang belum menjawab atau tidak tahu.

Namun, Deni mengungkapkan, elektabilitas Prabowo cenderung melemah dari 34,1 persen menjadi 27,5 persen dalam kurun waktu satu setengah tahun terakhir.

Survei SMRC dilakukan secara tatap muka pada 3-9 Oktober 2022. Ada 1.220 responden yang disurvei menggunakan metode stratified multistage random sampling. Response rate survei ini sebesar 1.027 atau 84 persen. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).

Ada tiga nama yang disurvei dalam simulasi tertutup. Yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hasilnya elektabilitas Ganjar Pranowo 32,1 persen, Prabowo Subianto 27,5 persen, dan Anies Baswedan 26 persen. Sisanya tidak tahu atau tidak jawab sebesar 14,4 persen.

SMRC juga merilis hasil survei dengan simulasi nama tokoh ketua partai, Prabowo (Partai Gerindra), Ketua DPR RI Puan Maharani (PDIP), dan Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto (Partai Golkar). Hasilnya, Prabowo unggul jauh dibandingkan Puan dan Airlangga. Prabowo meraih 54,9 persen, Puan Maharani 10,6 persen, Airlangga Hartarto 8,8 persen, dan menjawab tidak tahu atau tidak menjawab 25,6 persen.

 

(dpy)

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.