PSI Usung Nama Ganjar Pranowo Sebagai Capres dan Yenny Wahid Cawapres 2024

Ganjar Pranowo, Capres 2024. (foto: rmol.id/kompastv)

JAKARTA -- Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) dalam Pemilu 2024. PSI mengeklaim, terpilihnya nama Ganjar merupakan hasil forum Rembuk Rakyat yang sudah diselenggarakan sejak akhir Februari 2022.

"Rembuk Rakyat untuk menjaring capres guna melanjutkan kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi), dilakukan oleh dewan pimpinan pusat dan pengurus daerah yang bertemu para tokoh di daerah untuk mendengar aspirasi soal calon presiden. Dari hasil Rembuk Rakyat itu, Partai Solidaritas Indonesia mengumumkan Pak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di tahun 2024," kata Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie dalam konferensi pers, Senin (3/10/2022). "Sejak awal, Pak Ganjar atau akrab kami sapa Mas Ganjar, unggul dibandingkan kandidat lainnya."

PSI mengeklaim, ada sembilan nama kandidat yang muncul dari hasil Rembuk Rakyat, termasuk di antaranya nama-nama seperti Mahfud MD, Tito Karnavian, Erick Thohir, hingga Sri Mulyani, minus nama Anies Baswedan.

Grace menambahkan, Ganjar merupakan calon terbaik karena memiliki visi kebangsaan dan kebinekaan yang sama dengan apa yang selama ini diperjuangkan oleh PSI.

"Selain itu PSI juga melihat Mas Ganjar sebagai sosok paling pas untuk melanjutkan kerja-kerja yang selama ini sudah dilakukan Pak Jokowi dalam memajukan Indonesia," jelas Grace. "Ini adalah capres 2024 pilihan rakyat lewat Rembuk Rakyat, bukan keinginan dari elite PSI, dan keinginan rakyat itu seusai dengan hati nurani kami juga di PSI."

Grace juga menilai bahwa Ganjar politisi yang merakyat serta mengerti aspirasi dan pola komunikasi kaum muda, terbukti dari cara politikus PDI-P itu mengoptimalkan penggunaan media sosialnya. "Meskipun memang Mas Ganjar bukan kader PSI, tetapi PSI berkomitmen mendukung kandidat terbaik," jelasnya.

Sementara itu, Grace juga mendeklarasikan calon wakil presiden yang akan didukung PSI pada 2024, yakni putri presiden keempat RI Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid.

(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.