Presiden RI Jokowi Minta Semua Pihak Waspadai Tantangan Ekonomi Global yang Kian Gelap

Presiden RI Joko Widodo. (foto: setpres)

JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan semua pihak untuk berhati-hati dan mewaspadai kondisi ekonomi global yang akan semakin gelap pada tahun depan. Ia mengatakan, semua lembaga internasional pun sudah menyampaikan peringatan terkait kondisi ekonomi dunia mendatang sehingga dapat diwaspadai oleh semua negara.  

"Ekonomi dunia tahun depan memang semua lembaga-lembaga internasional menyampaikan dalam posisi yang tidak baik, dalam posisi yang lebih gelap,” kata Jokowi usai melakukan groundbreaking pabrik pipa di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Kabupaten Batang, Jawa Tengah, dikutip Antara, Senin (3/10/2022).

Meskipun perekonomian nasional tumbuh 5,44 persen di kuartal kedua 2022, namun Jokowi mengingatkan agar Indonesia bersiap diri menghadapi berbagai tantangan ekonomi global.

“Kita harus hati-hati, kita harus waspada meskipun ekonomi kita tumbuh 5,44 persen itu adalah sangat baik dibandingkan dengan negara-negara lain, tapi kita tetap harus hati-hati harus waspada dan selalu bersiap-siap dalam posisi badai apapun. Harus siap ya,” jelas Jokowi.

Peringatan Jokowi soal ketidakpastian global yang semakin tinggi ini sudah berulang kali disampaikan di berbagai acara. Saat peluncuran gerakan kemitraan inklusif untuk UMKM naik kelas di Gedung SMESCO, Jakarta, Jokowi juga mengingatkan pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 saat ini masih belum kembali normal.

Bahkan, Jokowi menyebut ekonomi dunia justru semakin menghadapi kondisi yang tidak baik. Selain karena pandemi Covid-19, kondisi perekonomian global ini juga terdampak perang di Ukraina serta terjadinya berbagai krisis, baik pangan, energi, maupun finansial.


(dkd)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.