Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Presiden RI Jokowi pimpin upacara. (foto: setkab.go.id)

JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10/2022). Upacara berlangsung tepat pukul 08:00 WIB dan diikuti oleh sejumlah menteri dan pejabat negara.

Jalannya upacara diawali dengan laporan komandan upacara kepada Inspektur Upacara Presiden Jokowi. Selanjutnya, Inspektur Upacara memimpin peserta mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa yang telah gugur.

Dalam upacara ini, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membacakan naskah Pancasila. Sementara Naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dibacakan oleh Ketua DPD La Nyalla Mattalitti.

Adapun pembacaan dan penandatanganan ikrar dilakukan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Rangkaian upacara kemudian ditutup dengan doa yang dibawakan oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Usai melaksanakan upacara, Presiden Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin kemudian mengunjungi Monumen Pancasila Sakti sebelum meninggalkan lokasi acara.

Upacara juga dihadiri secara langsung oleh sejumlah menteri pejabat, di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menko Polhukam Mahfud MD, dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. 


(dkd)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.