Menkopolhukam Mahfud MD Ajak Semua Pihak Tingkatkan Penghayatan Nilai-Nilai Pancasila

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud M. (foto: tvonenews.com)

JAKARTA -- Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD mengajak semua pihak untuk meningkatkan penghayatan nilai-nilai Pancasila.
Ajakan ini bertepatan dengan ia mengucapkan selamat Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober.

"Yang penting kita perhatikan adalah meningkatkan penghayatan atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Mahfud seperti dikutip dari akun resmi media sosialnya di Jakarta, Sabtu (1/10/2022).

Mahfud menjelaskan kesaktian Pancasila adalah ketika Pancasila selalu menjadi tempat kembali dan kesepakatan sebagai ideologi negara terhadap setiap ancaman bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Pancasila sering diuji dan ditentang, tapi selalu menang. Itu arti Pancasila sakti," kata anggota kabinet yang juga doktor di bidang hukum tata negara itu.

Selain itu, Mahfud mengungkapkan, kesaktian Pancasila dapat dicatat dalam beberapa hal, di antaranya melalui debat filosofi di Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) dan PPK pada tahun 1945. Kala itu kesepakatannya adalah Pancasila.

Selanjutnya, melalui perlawanan fisik oleh DI/TII, PKI, RMS, dan organisasi lain yang tetap dimenangkan Pancasila. Kemudian, melalui prosedur konstitusional (pemilu) di mana pilihannya tetap Pancasila.

"Dalam kehidupan sehari-hari pun jika kita berselisih atau terjadi konflik politik, maka masing-masing mengajak penyelesaian sesuai dengan Pancasila," kata Mahfud menegaskan.

 

(dkd)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.