Wapres KH Ma'ruf Amin: Pemahaman Islam yang Utuh Cegah Islam Ekstrem dan Islamophobia

Wapres RI KH Ma'ruf Amin (foto: nu.or.id).

JAKARTA -- Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma'ruf Amin mendorong pemahaman Islam yang utuh untuk mencegah lahirnya pemikiran-pemikiran menyimpang mulai dari ekstrem hingga Islamophobia. Ma'ruf menyoroti dua fenomena itu saat ini dalam memahami Islam.

"Ada dua sisi sebenarnya. Di satu sisi ada Islam yang ekstrem dan di sisi lain ada anti-Islam yakni Islamophobia," kata Ma'ruf kepada awak media usai mengunjungi Islamic Book Fair 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Karena itu, Ma'ruf berharap melalui penyelenggaraan Islamic Book Fair 2022 dapat merangsang minat baca dan pengetahuan masyarakat tentang Islam. Ia juga berharap melalui literasi di Islamic Book Fair ini memberikan pemahaman tentang Islam dari berbagai sudut. "Ini akan menjadikan generasi yang mengerti Islam lebih utuh dan benar," jelasnya.

Ma'ruf mengatakan, pemahaman yang utuh tentang Islam ini akan mencegah adanya pemikiran-pemikiran ekstrem, menyimpang, hingga Islamophobia. "Melalui buku yang disebarkan dua masalah ini yang ekstrem berlebihan bisa terpecahkan dan Islamophobia kita harapkan bisa hilang karena sudah memahami Islam yang sebenarnya."

Menurut Ma'ruf, Islamophobia itu lahir karena adanya Islam ekstrem. Karena itu, Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini mengajak semua umat untuk kembali pada Islam yang moderat melalui literasi pemahaman Islam yang utuh.

(als)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.